Sabtu, 15 Maret 2014

Varietas Padi Unggul Asli Indonesia

 

 

 

 

 

Sertani padi varietas unggul asli indonesia


Padi varietas Sertani-1 yang diandalkan dalam Program Mari Sejahterakan Petani (EMESPE) mampu berproduksi cukup tinggi, 13—14 ton/ha, pada kondisi kekurangan air.

Salah satu fokus Program EMESPE adalah meningkatkan kesejahteraan petani padi dengan mengenalkan varietas unggul Sertani-1. Varietas hasil pemuliaan Surono Danu ini sebelumnya telah diujitanam di beberapa wilayah Provinsi Lampung. Di sawah beririgasi menghasilkan 13—14 ton gabah kering panen (GKP) per hektar.

Padi itu kemudian diujitanam pada lahan yang suplai airnya minim di Pematang Johar, Labuhan Deli, Deli Serdang, Sumut. Di lahan milik Amit Damanik tersebut, hasil panen yang dihitung secara ubinan ternyata tidak berbeda, 13—14 ton GKP per hektar.

Cara bercocok tanam Amit tidak dengan varietas padi lain yang biasa ditanamnya. Namun hasilnya ternyata jauh berbeda. Biasanya ia hanya menghasilkan maksimal 8—10 ton per hektar. Bahkan varietas Ciherang di lahan seperti ini paling banyak menghasilkan 5 ton. “Padahal, dalam pengelolaannya, saya belum 100% sesuai anjuran yang didapatkan pada pelatihan di Cariu, Bogor,” ungkap Amit.

Cara tanam di lahan sulit air itu tentu beda dengan di sawah beririgasi. Lubang tanam dibuat dengan tugal (sebatang kayu berujung runcing). Ke dalam tiap lubang tanam dimasukkan satu benih kemudian ditutup tanah.


Amit menjelaskan perbedaan pertanaman yang dilihatnya. Jumlah bulir padi dalam satu malai mencapai 400—450, jauh lebih banyak ketimbang varietas lain yang sekitar 200 bulir. Jumlah benih yang dibutuhkan hanya 10 kg per hektar. Umur panen juga lebih pendek, 95 hari dari pesemaian. Atau lebih cepat panen 40 hari .
dibandingkan  varietas lainnya yang 125—150 hari

Surono Danu
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgL7j0ofZ3BgI3FPcWizBcqcM885b57TeHYfHwFROwYetRiy8c-1ZWXNzYxs2I0iJBWBlaQJ-MhbkKiQldEyCsrZ7KElGQxc_k3prkqJPF0ait1-JDtkSC10BkoPsbUbkytovUU-fvM70l-/s1600/Surono+Danu_oyossarosohn.jpgTERBANGGI BESAR--Desa Nambah Dadi, Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung hanyalah desa pertanian biasa. Sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani padi. Namun, sejak beberapa tahun terakhir, desa yang didirikan oleh para transmigran asal Pulau Jawa itu menjadi sangat terkenal. Sebab, dari desa itulah lahir benih padi lokal unggul yang kini mulai dikembangkan di beberapa daerah di Indonesia.

Benih padi unggul itu ditemukan oleh Surono Danu, 66 tahun, seorang petani sekaligus peneliti padi asal Desa Nambah Dadi.
 

Surono menemukan benih padi unggul lokal setelah lebih dari 20 tahun melakukan penelitian dengan biaya sendiri. Usaha keras Surono berawal dari keprihatinnya melihat nasib petani yang produksinya stagnan. Selain itu, kegigihannya menemukan padi unggul lokal juga disemangati oleh niat untuk menyelamatkan padi unggul lokal dari kepunahan.

”Lama-kelamaan padi unggul lokal akan punah jika tidak dikembangkan,” kata Surono.

Untuk mendapatkan benih padi unggul, pada 1982 Surono kemudian berkeliling Lampung, Sumatera Selatan, dan Bengkulu untuk mengumpulkan benih padi unggul lokal. Akhirnya terkumpullah 183 jenis benih padi lokal. Setelah dilakukan serangkaian percobaan, hasilnya hanya varietas Dayang Rindu sebagai pejantan dan varietas Sirendah Sekam Putih dan Sirendah Sekam Kuning untuk betina yang mampu menunjukkan kualitas lebih baik.

Surono memilih padi Sirendah Sekam Putih  dan Sirendah Sekam Kuning yang baunya wangi dan induk jantan dari Dayang Rindu (produksi tinggi) untuk terus diteliti. Pada 1985 Surono mulau melakukan uji coba penyilangan. Pada 1986 penyelingan menunjukkan hasil. Namun, umur padi unggul hasil persilangan itu belum begitu memuaskan. Dari tanam hingga panen, usianya masih sama dengan varietas-varietas lainnya yaitu 150 hari. Baru setelah 10 tahun dilakukan uji coba secara terus-menerus terhadap varietas Sertani-1, umur panen bisa berkurang yakni dari 150 hari menjadi 105 hari.

”Meskipun berumur pendek, kualitasnya tetap sama. Selain itu Sertani-1 bisa tahan terhadap sawah yang selalu kekurangan air. Yang membuat saya senang jumlah malai (bulir padi pada tangkai padi) jauh lebih banyak dari varietas lainnya, yaitu bisa mencapai 400 butir lebih,'' papar Surono.

Selain Sertani-1, Surono bersama-sama komunitas petani Lampung yang tergabung dalam Serikat Tani Indonesia (Sertani) kini sedang mengembangkan bibit unggul lainnya bernama Emespe. Emespe kependekan dari Mari Sejahterakan Petani. Penelitian dan pengembangan padi unggul itu dilakukan di rumah geribik Surono Danu dan di ”laboratorium” yang terletak di sebuah areal sawah di Desa Nambah Dadi, Kecamatan Terbanggi Besar, Lampung Tengah.

Sama seperti Sertani-1, bibit padi unggul Emespe juga didedikasikan oleh Surono dan komunitas Sertani Lampung untuk para petani di seluruh Indonesia. Lewat jaringan kelompok tani dan persatuan petani padi di seluruh Indonesia, padi Sertani-1 dan Emespe kini mulai ditanam petani di berbagai daerah di Indonesia.

”Sertani-1 cocok untuk lahan kering, sementara Emespe cocok untuk lahan yang banyak air. Artinya, Sertani-1 sangat cocok ditanam di daerah yang selama ini kekurangan air. Jadi, petani tak perlu khawatir lagi menanam padi pada saat musim kemarau,” kata Anang Prihantono, ketua umum Sertani.

Satu hektare tanaman padi Sertani-1 mampu memproduksi gabah hingga 14 ton. Benih ini tidak memiliki perawatan khusus bahkan tidak membutuhkan suplai air yang memadai karena benih ini mampu menyerap oksigen dengan sendirinya. Justru dengan pasokan air yang lebih banyak, produksi menjadi tidak maksimal. Benih ini juga mampu hidup di berbagai kondisi tanah apa pun seperti perladangan, gogo rancah, sawah, dan salinitas atau lahan yang kurang bagus untuk produksi.

Satu hektare benih Sertani-1 hanya membutuhkan paling banyak lima kwintal pupuk. Yang lebih penting lagi, Sertani-1 tahan terhadap hama apa pun seperti hama tikus. Bila batang tanaman padi ini digigit tikus, batangnya mampu menutup luka akibat gigitan hama hanya dalam waktu 24 jam dan tetap bisa tumbuh dengan baik.

”Benih Sertani 1 memiliki antibodi sendiri sehingga lebih tahan terhadap serangan penyakit. Saya mengharapkan pemerintah dapat memanfaatkan padi ini untuk menjadi benih unggul dalam mendongkrak produksi padi nasional," harap Surono.


6 komentar:

Unknown mengatakan...

Bagi yang berminat menanam SERTANI 1 silahkan hubungi saya 085749311798

Unknown mengatakan...

Bagi yang berminat menanam SERTANI 1 silahkan hubungi saya 085749311798

Unknown mengatakan...

kalo di medan ada gak ya bibit srtani1 n alamat nya

Unknown mengatakan...

hii

paijo jogja mengatakan...

Mas bagaimana cara mo beli bibit sertani 1 ? Harga brapa?

paijo jogja mengatakan...

Mas bagaimana cara mo beli bibit sertani 1 ? Harga brapa?